Perbedaan Gendam dan Hipnotis Menurut Pakar Spiritual – Bukan sering lagi, namun hampir selalu orang-orang salah dalam mengartikan hipnotis dan gendam. Tak hanya orang awam, para penulis dan wartawan media massa pun salah kaprah dalam hal ini. Rata-rata orang menganggap bahwa gendam itu sama dengan hipnotis. Bukan menyalahkan media massa (media cetak maupun elektronik) yang sering menggunakan istilah hipnotis dalam menyampaikan berita kejahatan dan kriminal. Mereka menggunakan istilah tersebut mungkin karena kata hipnotis telah terlanjur akrab di kalangan masyarakat, sehingga berita tersebut mudah dipahami. Memang tidak mudah untuk mengetahui Perbedaan Gendam dan Hipnotis. Bahkan media massa mengatakan bahwa penggunaan istilah yang kurang familiar di telinga masyarakat akan membuat pengertian tentang beritanya bisa salah kaprah. Sama halnya dengan kata “sihir” dalam mengekspresikan sesuatu yang luar biasa yang dianggap mengagumkan dan berbau mistis, istilah hipnotis dan gendam pun mirip seperti itu.

Perbedaan Gendam dan Hipnotis Secara Mendasar

Ilmu gendam dalam proses belajarnya dijalankan dengan laku tradisional seperti puasa, membaca dan menulis rajah/wifiq lalu dapat diaktualisasikan ketika target / sasaran dalam keadaan diam (pasif). Sedangkan untuk istilah hipnotis pertama kali dicetuskan oleh dokter bedah asal Skotlandia bernama James Braid pada sekitar tahun 1841, dengan istilah ini maka dokter ini dikenal sebagai Bapak Hipnotis Modern. Menurutnya, hipnotis adalah kemampuan atau teknik mempengaruhi orang lain secara sengaja agar masuk ke dalam kondisi seperti tertidur. Orang yang terkena hipnotis akan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan serta dapat menerima sugesti tanpa adanya perlawanan. Apapun yang diperintahkan ia akan melakukannya. Inilah teknik yang sering digunakan untuk menguasai alam bawah sadar seseorang. Ya, itulah Perbedaan Gendam dan Hipnotis secara mendasar.

Perbedaan Gendam dan Hipnotis juga merupakan dua gaya yang berbeda pada hakikatnya. Hipnotis dikenal sebagai western style dan gendam disebut sebagai eastern style. Istilah hipnotis menggunakan kondisi seakan tertidur oleh akibat sugesti dan perintah. Dari sisi proses kerja, hipnotis dan gendam juga berbeda. Hipnotis hanya mampu mempengaruhi seseorang yang mau merespons dan mau dihipnotis, misalnya untuk hipnotis penyembuhan (hypnoterapi) dan untuk hipnotis pertunjukan. Sedangkan gendam digunakan untuk mempengaruhi orang yang menolak saran dan perintahnya. Hipnotis dilakukan dengan teknik dan skill yang bersifat ilmiah, kalau gendam dilakukan dengan laku batin,pendekatan metafisika dan pembacaan mantra. Hipnotis cara kerjanya lebih memanfaatkan sugesti verbal melalui saran dan perintah serta sugesti non verbal seperti gerakan dan ekspressi. Untuk gendam berproses melalui energi yang lembut, kekuatan pikiran (mind power) dan hal yang diyakini sebagai kekuatan supranatural.

Itulah Perbedaan Gendam dan Hipnotis menurut pakar spiritual, Kang Masrukhan. Semoga menambah wawasan bagi kita semua. BARAKALLAH.

315 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Incoming search terms:

  • hipnotis spiritual
  • majalah cerita seks fenomena

Comments

comments