Menguak Berbagai Mitos Ayam Cemani yang Bertolak Belakang, Mana yang Benar?

mitos-ayam-cemani

Menguak Berbagai Mitos Ayam Cemani yang Bertolak Belakang, Mana yang Benar? – Ayam cemani, siapa yang tak mengetahui keberadaan ayam yang sangat fenomenal di Indonesia ini? Bagaimana tidak, bahkan ayam ini sudah digolongkan sebagai spesies langka saking banyaknya orang yang mencari hingga harganya melambung.

Perlu diketahui bahwa nama cemani memiliki arti hitam legam menurut bahasa jawa kuno. Ya, hal ini dipastikan karena kondisi ayam cemani yang 100% memiliki warna hitam yang sempurna. Mulai dari tulang, lidah, bola mata, kuku, hingga rongga mulutnya dan seluruh bagian dari tubuhnya.

Lantas, apa sebenarnya yang menjadikan ayam cemani sangat spesial hingga diburu oleh berbagai kalangan? Sebenarnya sangat banyak misteri ayam cemani yang berkembang di masyarakat Indonesia utamanya di daerah yang masih kental budaya mistisnya. Berikut adalah mitos ayam cemani yang perlu Anda simak :

Mitos Ayam Cemani

  • Ayam cemani dapat mendatangkan banyak rezeki bagi siapa saja yang memeliharanya.

Hal ini mengingat harga pasaran dari ayam ini yang sudah sangat fantastis, mencapai puluhan hingga ratusan juta untuk satu ekornya. Namun percaya atau tidak, meski dengan harga selangit tersebut, orang-orang yang mempercayai khasiat dan kegunaannya akan tetap membelinya. Apalagi jika benar-benar membutuhkan untuk suatu syarat tertentu.


BACA JUGA :


  • Dijadikan sebagai syarat dalam ritual ghaib dan pelengkap acara adat

Sudah berjalan sangat lama bahwa ayam cemani adalah salah satu syarat yang harus ada untuk suatu ritual. Kebanyakan ritual yang dilakukan adalah untuk tujuan pelaris dagangan untuk tujuan kekayaan, ritual pengasihan, pengobatan, hingga ritual tolak bala dalam acara adat.

  • Syarat sempurnanya ilmu kesaktian

Perlu diketahui bahwa ayam cemani ini telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit yakni sekitar abad ke-15. Dan pada zaman tersebut ayam ini dijadikan oleh para raja dan pendekar sebagai syarat sesajen untuk menyempurnakan ilmu kesaktian tertentu.

  • Bisa mendatangkan kesialan

Berbeda dengan poin nomor satu yang menjadikan ayam cemani sebagai sarana keberuntungan bagi pemeliharanya. Di lain sisi ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa ayam cemani dapat mendatangkan kesialan karena adalah hewan yang disukai makhluk halus, sehingga secara tidak langsung dapat mendatangkan makhluk halus tersebut.

Kesialan yang lebih parah lainnya dapat didapat apabila menabrak ayam cemani hingga mati. Maka orang yang menabrak itu akan mendapatkan kesialan seumur hidupnya.

Sebuah hikmah

Hikmah dari mitos-mitos bertolak belakang yang berkembang mengenai ayam cemani ini adalah untuk tidak terlalu mempercayai karena memang belum mampu dibuktikan kebenarannya. Sebagai orang awam, cukuplah untuk tetap menghargai orang-orang dengan kepercayaan tersebut. Namun baiknya Anda mengambil sikap, percaya atau tidak. Jangan sampai berada pada sebuah keraguan.

 52 total views,  2 views today

Comments

comments