Misteri Tersembunyi Di Balik Keindahan Ranu Kumbolo

Misteri Tersembunyi Di Balik Keindahan Ranu Kumbolo

Misteri Tersembunyi Di Balik Keindahan Ranu Kumbolo – Jika Anda pernah mendaki Gunung Semeru, tentu Anda tak pernah melewatkan jalur Ranu Kumbolo yang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Ranu Kumbolo menjadi tempat pemberhentian para pendaki sebelum melanjutkan pendakian menuju Puncak Mahameru. Tapi, dibalik keindahan alam Ranu Kumbolo yang mempesona, berbagai kisah mistis muncul mewarnai setiap kisah pendakian yang menegangkan.

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Lumajang, Jawa Timur. Bromo, Tengger, dan Semeru merupakan gunung-gunung yang dalam kepercayaan Hindu, merupakan tempat suci dimana para dewa bersemayam. Gunung Semeru merupakan puncak tertinggi dipercaya sebagai pakunya Pulau Jawa, dikenal sebagai pusat kerajaan makhluk gaib. Itulah mengapa, banyak larangan bagi para pendaki ketika melakukan pendakian.

Kisah Gunung Semeru sebagai pakunya Pulau Jawa dikaitkan dengan kisah mengenai Pulau Jawa yang dulunya mengambang dan terombang ambing di tengah samudera. Kemudian, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma berniat memaku Pulau Jawa dengan Gunung Meru. Awalnya Gunung Meru diletakkan di ujung barat Jawa, sehingga posisi berat sebelah. Akhirnya gunung tersebut dibagi dua, yaitu Gunung Semeru diletakkan di Jawa sisi timur, sedangkan sisi barat diletakkan Gunung Penanggungan.

Misteri Tersembunyi Di Balik Keindahan Ranu Kumbolo

Berbagai pengalaman dan cerita mistis sering dialami para pendaki yang singgah di Ranu Kumbolo. Cerita mistis seputar Ranu Kumbolo dikaitkan dengan mitos yang sudah lama dipercaya. Hal yang paling menyeramkan dan sering terjadi adalah kesurupan yang dialami para pendaki Gunung Semeru. Mereka dirasuki oleh roh manusia, bahkan terkadang roh binatang yang mengerikan. Selain itu, kemunculan hantu pocong yang dikenal sebagai ‘hantu sugus’ cukup santer terdengar dan sering menampakkan diri di atas tenda-tenda para pendaki dengan wujud yang menyeramkan.


Baca Juga : 


Banyak larangan bagi para pendaki ketika singgah bermalam di Ranu Kumbala. Para pendaki tidak diperbolehkan berenang karena suhu air danau sangat ekstrim, selain karena kedalaman danau yang mencapai 28 meter. Sebagai tempat suci, air Ranu Kumbolo juga dianggap bertuah dan sering digunakan sebagai kelengkapan ritual keagamaan. Untuk itulah para pendaki dilarang mencuci dan buang air di danau. Kegiatan di seputar Ranu Kumbolo harus dilakukan dengan jarak 10 meter dari tepi danau.

Larangan memancing di area Ranu Kumbolo juga diberlakukan, karena masyarakat sekitar meyakini, bahwa Ranu Kumbolo dijaga oleh seorang wanita yang sering muncul dengan wujud seorang dewi berkebaya kuning. Dewi tersebut juga menjelma menjadi ikan mas kuning yang sering dijumpai di danau Ranu Kumbolo.  Dewi dan ikan mas kuning tersebut ditugaskan untuk menjaga keindahan alam Ranu Kumbolo dari tangan jahil manusia.

Begitulah kisah misteri tersembunyi di balik keindahan Ranu Kumbolo. Semoga alam dengan segala keindahannya selalu terjaga sampai kapanpun.

216 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments

comments