Legenda Dewi Lanjar Dan Misteri Pantai Slamaran Pekalongan – Bila kita menilik kota Batik, Pekalongan maka kita akan melihat betapa indahnya pemandangan pantai Laut Utara tersebut. Pemandangan alam yang masih bisa kita nikmati sampai saat ini ternyata menyimpan jutaan misteri dibalik sejarah keberadaannya. Pantai Slamaran Indah, merupakan salah satu pantai terkenal yang ada di Pekalongan. Namun siapa sangka bahwa pantai indah ini memiliki hubungan yang erat dengan legenda Dewi Lanjar, sang penguasa Pantai Utara yang konon kabarnya memiliki kesaktian yang sama dengan Nyi Roro Kidul.

Pantai Slamaran Indah terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana yang dibatasi oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Sebagai daerah wisata, penuh dengan udara yang segar dan dari sini anda bisa menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari. Begitu indahnya pemandangan di pantai ini sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Luas lahan Pantai Slamaran Indah sekitar 3,5 Ha.

Bagaimana bisa pantai seindah ini menyimpan Misteri Legenda Dewi Lanjar yang dikenal penuh hawa mistik?

Legenda Dewi Lanjar

Dewi Lanjar hingga saat ini masih menjadi sosok yang diagungkan di masyarakat terlebih masyarakat Jawa. Apapun kejadian mistik yang terjadi di sekitar pantai Utara selalu dikaitkan dengan sosok Dewi Lanjar. Mulai dari hilangnya seorang anak, hilangnya pengunjung pantai hingga banyaknya makhluk astral di sekitar pantai dan pusaka ghaib yang banyak diburu oleh para ahli supranatural.

Melihat Legenda Dewi Lanjar, kita ingat bahwa jaman dahulu kala di satu tempat Kota Pekalongan hiduplah seseorang putri yang sangatlah cantik jelita bernama Dewi Rara Kuning. Dewi Rara Kuning ini mengalami penderitaan yang amat sangat berat dimana saat usianya masih sangat belia ia sudah dinikahkan oleh kedua orang tuanya dan pada usianya yang masih sangat muda tersebut ia sudah menjadi janda. Suaminya meninggal setelah sesaat menikah dengannya. Sejak saat itulah Dewi Rara Kuning dikenal masyarakat sebagai Dewi Lanjar, dimana Lanjar berarti Janda Kembang dalam bahasa Jawa kuno.

Sejak ditinggal pergi suaminya inilah Dewi Lanjar menjadi begitu sengsara, ia hanya bersedih selalu ingat suaminya. Tak ada hal yang bisa ia lakukan selain melamunkan suami tercintanya yang tak sempat hidup bersama. Rasa malu, sedih, gelisah dan rasa menderita yang sangat dalam membuatnya berpikir untuk meninggalkan kampung halamannya. Kemudian Dewi Lanjar pergi ke suatu sungai yang dinamakan Kali Opak. Disanalah ia bertemu dengan Raja Mataram dengan Mahapatih Singaranu yang tengah mengapung untuk bertapa di sungai tersebut.

Dewi Lanjar banyak bercerita kepada sang Raja Mataram akan kesedihan dan penderitaan hidupnya, lalu ia pun diperintah oleh Mahapatih untuk pergi ke Pantai Selatan guna menghadap sang Ratu Kidul. Tanpa pikir panjang, Dewi Lanjar pun pergi menghadap sang Ratu Pantai Selatan untuk meminta bantuan. Sesampainya di Pantai Selatan, Dewi Lanjar bertapa di suatu tempat di kawasan Pantai Selatan dan akhirnya dia dapat moksa untuk bertemu Ratu Kidul.

Ratu Kidul pun membantunya dengan menjadikannya anak buah / pengikut. Seiring berjalannya waktu, menjadi seorang pengikut yang setia Dewi Lanjar pun diperintahkan Dewi Lanjar untuk mencegah Raden Bahu membangun sebuah hutan di Pantai Utara. Dewi Lanjar dan para Jin pengikut Ratu Kidul pun mencegah Raden Bahu yang sedang membuka hutan Gambiren (kini letaknya disekitar jembatan Anim Pekalongan dan Desa Sorogenen). Sayangnya, karena kesaktian Raden Bahu yang diperoleh dari bertapa Ngalong (seperti Kalong / Kelelawar) membuat usaha Dewi Lanjar gagal.

Merasa gagal menunaikan tugasnya, akhirnya Dewi Lanjar memutuskan untuk tidak kembali ke Pantai Selatan. Ia meminta izin pada Raden Bahu untuk menetap di Pantai Utara dan menjadi penunggu di kawasan tersebut. Dewi Lanjar diperkenankan tinggal dipantai utara, Jawa Tengah terutama di Pekalongan. Konon letak keraton Dewi Lanjar terletak dipantai Pekalongan disebelah sungai Slamaran.

Oleh karenanya Pantai Slamaran Pekalongan menjadi tempat yang sangat erat kaitannya dengan keberadaan Dewi Lanjar. Tak heran jika di tempat ini banyak bermukim makhluk halus / makhluk astral yang merupakan pengikut / pengawal dari Dewi Lanjar.

Itulah misteri dibalik indahnya Pantai Slamaran Pekalongan. Tak perlu takut selama anda memiliki niat yang baik, tak akan ada makhluk ghaib yang mengganggu kita. Sebaliknya, jika kita mengganngu mereka kita pun akan merasakan akibatnya. Hidup bersama saling berdampingan dan saling menghormati sebagai sesama makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Barakallah.

6,533 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Incoming search terms:

  • Pantai slamaran
  • gambar gambar pantai slamaran
  • Foto pantai Slamaran pekalongan
  • Lihat tempat pemujaan di Pekalongan pantai slamaran

Comments

comments