Kidung Mistik Kanjeng Sunan Kalijaga, Menyingkirlah Segala Gangguan Gaib!

Kidung Mistik Kanjeng Sunan Kalijaga, Menyingkirlah Segala Gangguan Gaib!

Kidung Mistik Kanjeng Sunan Kalijaga, Menyingkirlah Segala Gangguan Gaib –  Lagu atau tembang biasanya menjadi sarana hiburan yang sangat menyenangkan. Dengan lagu, suasana yang awalnya tak menyenangkan seketika berubah menjadi suasana penuh keriangan, sehingga yang mendengarkannya pun akan terbawa suasana sesuai lagu yang diputar. Memilih lagu tentunya menyesuaikan selera penikmatnya, mulai tembang modern kekinian hingga tembang klasik seperti tembang-tembang Jawa.

Tembang Jawa bisa menjadi pilihan ketika menginginkan suasana santai dan menenangkan. Tembang Jawa berisi pitutur-pitutur luhur atau nasehat kebaikan yang didendangkan dengan irama yang menghanyutkan. Nasehat kebaikan dalam tembang disampaikan secara halus dan samar. Uniknya, siapa yang mendengarkan langsung terbawa suasana keJawaan yang kental. Tapi tahukah Anda, beberapa tembang Jawa bahkan berisi doa memohon perlindungan kepada Tuhan YME. Tembang Jawa tersebut kental dengan mistik kejawen pengusir segala gangguan gaib. Anehnya, kebanyakan orang justru salah mengartikan tembang mistik kejawen tersebut sebagai sarana pemanggil makhluk gaib.

Salah satu tembang mistik Kejawen pengusir gangguan gaib adalah Kidung Rumeksa Ing Wengi karya Kanjeng Sunan Kalijaga dalam bentuk Tembang Macapat Dhandhanggula. Berikut cerita kidung mistik Kanjeng Sunan Kalijaga, menyingkirlah segala gangguan gaib.


Baca Juga : 


Kidung Mistik Kanjeng Sunan Kalijaga, Menyingkirlah Segala Gangguan Gaib

Syair kidung mistik Kanjeng Sunana Kalijaga

“Ana kidung rumekso ing wengi

Teguh hayu luputa ing lara

luputa bilahi kabeh

jim setan datan purun

paneluhan tan ana wani

niwah panggawe ala

gunaning wong luput

geni atemahan tirta

maling adoh tan ana ngarah ing mami

guna duduk pan sirno”

Terjemahan : “Ada lagu yang dikumandangkan tengah malam / Yang menjadikan kuat selamat / terbebas dari semua penyakit / Terbebas dari segala petaka / Jin dan setanpun tidak mau / Segala jenis sihir tidak berani / Apalagi perbuatan jahat / guna-guna tersingkir / Api menjadi air / Pencuripun menjauh dariku / Segala bahaya akan lenyap.”

Dari syair dan terjemahan tersebut dapat disimpulkan bahwa Kidung Rumeksa Ing Wengi Kanjeng Sunan Kalijaga adalah doa keselamatan atau mantra pengusir segala kajahatan yang datang dari manusia dan makhluk gaib. Kidung Rumeksa Ing Wengi dirapalkan pada tengah malam dimana segala macam kejahatan biasanya datang saat malam mulai menjelang. Kidung Rumeksa Ing Wengi berisi doa agar kuat serta selamat dan terbebas dari segala macam penyakit, serta terlindung dari petaka, marabahaya, dan kejahatan orang yang mempunyai niat buruk.

Gangguan makhluk gaib biasanya juga datang saat hari mulai gelap. Untuk itulah Kidung Rumeksa Ing Wengi  harus dirapalkan agar jin dan setan menyingkir, guna-guna dan sihir tersingkir menjauh dari rumah dan para penghuninya.

Itulah cerita kidung mistik Kanjeng Sunan Kalijaga. Semoga Anda dan keluarga serta apapun yang Anda miliki dan sayangi terhindar dari segala macam gangguan manusia dan makhluk tak kasat mata. Aamiin Yaa Robbal A’lamin..

232 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments

comments