Hukum Menggunakan Azimat dalam Islam, Halal atau Haram?Dalam Islam, semua hal yang menduakan Allah, menyekutukan Allah, mempercayai selain Allah, dan menyembah selain Allah adalah haram hukumnya. Jelas haram berat hukumnya jika mempercayai benda, patung atau apapun yang dianggap mampu berkehendak atas sesuatu. Lantas, apakah jimat termasuk bentuk syirik yang diharamkan oleh agama Islam? Bagaimana Hukum Menggunakan Azimat dalam Agama Islam?

Dalam bahasa arab, jimat disebut azimat yang berarti penyempurna / tamimah. Dari jaman nabi dulu jimat sudah dikenal dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Disebut dengan penyempurna karena pada jaman dahulu orang-orang arab meyakini jimat dapat menyempurnakan obat dan kesembuhan. Jimat berisi doa-doa yang mereka gantungkan di leher jika bepergian, berguna untuk keselamatan mereka. Mereka percaya bahwa doa dan asmak yang ada pada jimat tersebut akan mengantarkan mereka pada keselamatan, menolak bala dan menghindari kejahatan.

Hukum Menggunakan Azimat berdasarkan cara menggunakannya

Meski begitu, banyak sekali pendapat negatif mengenai jimat. Hukum Menggunakan Azimat akan bersifat syirik jika menganggap benda sebagai penyelamat mereka, bukan Allah. Jika dilihat dari sini maka jelaslah bahwa Hukum Menggunakan Azimat atau jimat adalah haram ‘alaik karena kepercayaan ada pada bendanya, bukan doa nya. Bahkan beberapa kalangan menganggap bahwa didalam benda yang disebut jimat terdapat jin, khodam dan makhluk halus lainnya yang membuat orang jadi selamat, padahal semua itu adalah salah. Jadi jelas sudah bahwa sebenarnya Hukum Menggunakan Azimat adalah diperbolehkan tergantung dari sisi mana kita memandangnya dan bagaimana sikap sang penggunanya.

Hukum Menggunakan Azimat Adalah syirik besar namanya jika seseorang mempercayai bahwa jimat yang ia kenakan memiliki kekuatan untuk melindungi dirinya. Jika seseorang meyakini bahwa jimat yang dikenakannya menjadi penyebab ia selamat, maka ia terjerumus ke dalam syirik kecil. Yang benar bagaimana dalam Islam mengenai jimat? Doa yang diamalkan dalam memakai jimat sebenarnya termasuk ikhtiar terhadap Allah agar manusia bisa selamat. Membaca doa dan membaca hizib dengan memakai azimat adalah bentuk permintaan keselamatan kepada Allah, tidak bersifat syirik bila doa-doa yang dibaca ditujukan hanya kepada Allah semata.

Sebuah hadist mengatakan tentang Hukum Menggunakan Azimat, bahwa :

DARI Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah satu diantara kamu bangun tidur, maka bacalah (bacaan yang artinya) : Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah SWT yang sempurna dari kemurkaan dan siksaan-Nya, dari perbuatan jelek yang dilakukan hamba-Nya, dari godaan syetan serta dari kedatangannya padaku. Maka syetan itu tidak akan dapat membahayakan orang tersebut.” (At-Thibb an-Nabawi)

Kepada anaknya yang baligh, Abdullah bin Umar juga mengajarkan bacaan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW tersebut. Namun untuk anaknya yang belum baligh yang belum bisa membaca maka Abdullah bin Umar menuliskannya dalam secarik kertas yang digantungkan di leher anak-anaknya tersebut. Dari sini jelas sudah bahwa hizib dan secarik kertas yang digantungkan pada leher yang sekarang dikenal sebagai azimat ini diperbolehkan dalam Islam dengan catatan bahwa isi dari azimat tersebut adalah doa – doa untuk Allah SWT.

Namun ingatlah bahwa tak semua Hukum Menggunakan Azimat itu dihalalkan atau dibenarkan dalam Islam. Beberapa syarat yang harus dipenuhi agar azimat tersebut bersifat halal yaitu menggunakan asma Allah, kalam Allah dan doa-doa kepada Allah serta sabda sang Rasul, Muhammad SAW. Syarat lainnya yaitu harus menanamkan keyakinan bahwa jimat yang dipakai tak memberi kehendak apapun dan jika yang diinginkan tercapai maka semua itu hanya atas ijin Allah SWT, dan doa-doa yang ada didalamnya hanyalah perantara salah satu ikhtiar dari manusia itu kepada Allah Ta’ala.

Itulah penjelasan tentang Hukum Menggunakan Azimat. Semoga membawa manfaat untuk anda. BARAKALLAH.

 

2,372 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Incoming search terms:

  • hukum islam menggunakan jimat keris

Comments

comments