Beberapa Tempat Angker di Gunung Merapi ini Sungguh Mengerikan – Gunung Merapi, sebuah gunung di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini sangat terkenal di nusantara bahkan di dunia. Gunung Merapi merupakan sebuah gunung yang sangat aktif dan sering mengalami erupsi. Tak hanya terkenal oleh keaktifannya, Kawasan Gunung merapi terkenal dengan mitos dan misterinya yang begitu mengerikan bagi orang yang datang di kawasan tersebut. Mitos dan misteri yang sangat terkenal di sana adalah Mitos tentang adanya Kerajaan jin. Bahkan dikatakan Gunung Merapi adalah pusat Kerajaan Jin di Indonesia.

Gunung Merapi sangat erat kaitannya dengan Laut Selatan Jawa. Terdapat beberapa tempat angker di Gunung Merapi, mulai dari lereng gunung hingga kawah di puncak gunung tersebut. Menurut sejarahnya, Gunung Merapi adalah gunung yang berada di wilayah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, serta Kabupaten Klaten. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.968 m dpl. Sejak tahun 2004, kawasan hutan di sekitar puncaknya dijadikan sebagai Taman Nasional Gunung Merapi. Menurut para ahli geologi mengatakan bahwa gunung merapi meletus atau mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali.

Beberapa Tempat Angker di Gunung Merapi

Ada beberapa tempat angker di Gunung Merapi yang dianggap keramat dan sakral. Saking sakral dan angkernya, para penduduk di sana sangat menghormati tempat tersebut dan kita dilarang untuk menebang pohon, mengambil rumput, memindahkan, hingga merusak benda-benda yang ada di kawasan tersebut. Lokasinya berada di kawasan pegunungan ini yang mana tempat angker tersebut diantaranya :

  1. Tempat Angker di Gunung Merapi : Pasar Bubrah

Tempat Angker di Gunung Merapi yang paling mengerikan adalah Pasar Bubrah. Pasar angker ini memiliki wujud sebuah punggung bukit yang tepat ada di bawah kawah Gunung Merapi. Lokasi pasar bubrah cukup datar dan diisi dengan batu-batuan dan sisa letusan gunung Merapi. Tidak ada pohon besar dan tanaman  aneh disana. Hanya sebuah hamparan bebatuan. Bagaimana keangkeran di kawasan pasar bubrah ini?

Saat malam hari tiba, para pendaki sering melihat suara riuh di lokasi tersebut yang sangat mirip dengan aktivitas jual beli yang terjadi di pasar. Tidak hanya itu saja, suara alunan gamelan dan gending jawa juga terkadang sayup-sayup terdengar di antara keriuhan tersebut. Para masyarakat juga percaya jika bebatuan yang berserakan di lokasi tersebut merupakan warung dan meja makannya para makhluk halus pengunjung pasar tersebut.

Bahkan ada sosok keraton khas kejawen yang sering muncul di lokasi pasar ini. Sosok penjaga keraton, nyai sinden, dan sosok ratu kejawen dengan pakaian tradisional Jawa sering terlihat di lokasi ini. Bahkan ada juga yang pernah melihat pasukan perang tradisional dengan peralatan yang lengkap.

  1. Tempat Angker di Gunung Merapi : Gunung Wutoh dan Kawah Gunung Merapi

Gunung Wutoh dianggap sebagai tempat keramat yang cukup angker di kawasan Gunung Merapi. Lokasi ini menjadi pintu gerbang utama menuju keraton Merapi yang ada di kawah puncak. Di kawasan Gunung Wutoh ini banyak dijaga oleh makhluk halus yang bernama “Nyai Gadung Melati”. Sosok ini merupakan pemimpin pasukan Keraton Merapi yang bertugas melindungi lingkungan serta hewan ternak yang ada di kawasan tersebut. Nyai Gadung Melati seringkali menampakkan diri dalam mimipi penduduk sekitar Gunung Merapi dengan mengenakan pakaian berwarna hijau daun melati. Mimpi itu biasanya dianggap sebagai pertanda akan terjadi letusan dalam waktu dekat.

  1. Tempat Angker di Gunung Merapi lainnya

Tempat angker lainnya yang ada di kawasan ini diantaranya Bukit Turgo, Telaga putri, Muncar, Goa Jepang, Plawangan, Bebeng, Ringin Putih, Umbul Temanten, dan Watu Gajah. Aura mistis yang ada di hutan ini sangatlah kuat, mulai dari Hutan Gamelan dan Bingungan serta Hutan Pijen dan Blumbang. Bahkan Hutan Patuk Alap-alap pun dianggap angker karena hutan ini menjadi tempat penggembalaan ternak milik keraton Merapi.

  1. Keraton Merapi

Tempat Angker di kawasan Gunung Merapi yang banyak digembar-gemborkan warga adalah Keraton Merapi. Keraton Merapi ini sudah ada semenjak jaman Keraton Mataram. Bedanya, Keraton Merapi semuanya dihuni dan dikendalikan oleh bangsa jin. Bahkan ada sebuah cerita yang mengatakan jika Keraton Merapi membantu Kerajaan Mataram untuk mengalahkan Kerajaan Pajang dengan cara menewaskan pasukan Kerajaan pajang lewat letusannya.

Itulah 4 Tempat Angker di Gunung Merapi yang sangat mengerikan. Semoga artikel ini bisa menambah manfaat bagi anda. BARAKALLAH.

 

1,320 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Comments

comments