Ada Apa Dibalik Kesaktian Keris Jokowi?

Kesaktian-Keris-Jokowi

Ada Apa Dibalik Kesaktian Keris Jokowi? – Presiden tercinta kita, Joko Widodo memang menjadi presiden yang memiliki perjalanan cukup berkesan dibanding presiden lainnya. Bagaimana tidak, dengan latar belakang dari keluarga seadanya hingga berhasil sukses menjadi Walikota Solo, Jokowi akhirnya menjadi pemimpin negera Indonesia. Bahkan Jokowi berhasil kembali mencalonkan diri untuk  kedua kalinya sebagai Presiden Indonesia. Tentulah hal tersebut menjadi perjalanan karir yang menginspirasi banyak orang.

Pusaka Cahya Buwana

Disamping kemampuan beliau dalam memimpin negeri ini, diketahui terdapat faktor lain yang turut menopang Jokowi hingga menjadi presiden Indonesia. Jokowi diketahui memiliki sebuah keris sakti sejak beliau berencana untuk melenggang sebagai salah satu calon gubrenur DKI. Keris ini bernama Pusaka Cahya Buwana. Keris yang diperoleh dari sebuah paguyuban bernama Tosan Aji Bowo Roso, Surakarta ini bukanlah keris biasa. Keris ini tercipta berkat pertanda gaib yang diterima para tokoh spiritual, empu, dan budayawan yang tergabung dalam Paguyuban Bowo Roso.

Kejadian-kejadian aneh tersebut terjadi ketika rombongan pelaku ritual menempuh perjalanan dari desa Blumbang ke Pringgondani. Seperti kehadiran misterius empat ekor kera dalam barisan pembawa sesajen rombongan, serta secara entah mengapa hewan tersebut turut serta dalam prosesi kirab sesaji di desa Pringgondani itu. Tak hanya sampai di sana saja, ketika seluruh rombongan tiba di Monumen Garuda Yaksa, sebuah sinar terang berwarna biru menyala memancar dari monumen tersebut ke atas langit. Sebuah kejadian yang mereka sepakati bahwa ini adalah pertanda bahwa kelak salah satu putra terbaik Solo, akan menjadi pemimpin negeri ini dengan sifat kepemimpinan yang arif, amanah, dan jujur.

Pusaka yang oleh Djoko Suyanto kemudian diberi nama Pusaka Cahya Buwana ini, berdasarkan sinar terang menyala yang kala itu dilihatnya bersama dengan para pelaku ritual. Sedangkan dapur Pasopati yang terdapat dalam bilah keris sengaja dibuat agar menjadi simbol sebagai seorang kstaria yang teguh, berbudi luhur, senantiasa dekat dengan rakyatnya.

Tetapi satu yang memiliki peran penting di balik pembuatan keris Pusaka Cahya Buwana tersebut adalah empu atau pembuatnya. Empu yang menempa keris Cahya Buwana bukanlah empu sembarangan. Setelah melalui prosesi ritual wilujengan, ketiga logam dasar keris tersebut terlebih dulu harus disanggarkan ke Candi Sukuh dan Candi Cetho, agar memperoleh kekuatan ghaib dari para empu–empu terdahulu. Sekaligus menunjuk siapa empu yang akan menempa keris Cahya Buwana.

Saat itu disepakati dan ditunjuk Empu KRAT Fauzan Puposukadgo sebagai empu yang akan menempa keris Cahya Buwana untuk Jokowi. Namun untuk mengawali proses penempaan, Empu Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Faudzan Pusposukadgo, terlebih dulu juga harus menjalani laku prihatin, menyatu dengan logam yang hendak di tempanya agar keris Cahya Buwana terwujud seperti apa yang diinginkan sang empu.

Keris Cahya Buwana inipun sampai saat ini masih dipercaya menjadi salah satu pusaka ampuh milik Jokowi yang menopang kesuksesan beliau dalam memimpin negeri kita ini.

119 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

Comments

comments