7 Tradisi Unik Penuh Mistik Ini Hanya Dimiliki Budaya Indonesia – Sebagai negara yang kaya akan budaya dengan keberagamannya, Indonesia layak mendapatkan sorotan dunia. Dengan beragam suku, ras, budaya dan agama, Indonesia menjadi negara dengan destinasi wisata budaya dunia yang acap kali didatangi wisatawan asing. Dari Sabang sampai Merauke memiliki keunikan dan tradisi masing-masing yang sungguh mengesankan. Apa saja tradisi unik yang hanya bisa dilakukan oleh budaya Indonesia ini? Mari kita simak selengkapnya!

Tradisi Unik di Bromo – Kasada

Kasada merupakan tradisi unik yang hanya dilakukan oleh masyarakat di sekitar Gunung Bromo. Upacara ini diisi dengan sesajen dan sesembahan yang ditujukan kepada Sang Hyang Widhi dan dilakukan setiap bulan Kasada hari ke-14. Upacara ini bertujuan sebagai ucapan rasa syukur masyarakat asli suku Tengger dan juga sebagai media meminta panen melimpah serta kesembuhan dari segala macam penyakit.

Tradisi Unik di Madura – Karapan Sapi

Karapan sapi bermula dari keringnya tanah di daerah Madura, lahan yang kurang subur dan tidak produktif sehingga masyarakat Madura beralih profesi menjadi seorang nelayan. Selain itu mereka juga beternak sapi karena berada di daerah pesisir. Upacara Karapan Sapi ini rutin digelar setiap tahun pada bulan Agustus atau bulan September. Tradisi ini menjadi ajang pesta masyarakat serta dianggap sebagai hal prestis yang mampu menaikkan status sosial seseorang. Untuk pelaksanaannya sendiri upacara Karapan Sapi ini digelar seusai menuai panen padi ataupun tembakau.

Tradisi Unik di Banten – Debus

Aksi Debus menjadi aksi yang unik serta menghibur. Seni bela diri ini menunjukkan kemampuan manusia yang dianggap abnormal atau diatas normal. Tradisi satu ini bisa dikatakan sangat ekstrim karena mempertontonkan seseorang yang memiliki kemampuan untuk kebal terhadap senjata tajam, kebal terhadap air keras, dan segala kemampuan lainnya yang cukup membahayakan dan menaikkan adrenalin bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Tradisi Unik di Bali – Makepung

Makepung memiliki arti Balapan Kerbau dalam bahasa Indonesia. Bukan sebuah upacara, bukan perayaan atau acara adat melainkan sebuah permainan para petani saja. Disela-sela waktu membajak sawah, para petani ini memainkan kerbaunya saat panen tiba. Makepung kini semakin berkembang dan sangat diminati oleh berbagai kalangan yang membuat kegiatan iseng-iseng ini menjadi atraksi budaya Bali yang cukup menarik perhatian. Bahkan para turis, khususnya turis asing pun hingga kini sengaja datang untuk menyaksikan tradisi Makepung yang dilakukan rutin dan menjadi agenda tahunan wisata di Bali.

Tradisi Unik di Pariaman – Tabuik

Tradisi Pariaman juga tak kalah unik, dimana daerah ini memiliki upacara Tabuik dalam rangka merayakan Asyura. Masyarakat Minangkabau di daerah pantai Sumatera Barat melakukan upacara ini di lautan / pantai. Tabuik adalah istilah untuk mengusung jenazah yang dibawa selama proses upacara. Upacara Tabuik dilakukan rutin setiap tahun pada tanggal 10 Muharram sejak 1831.

Tradisi Unik di Toraja – Mapasilaga Tedong

Dalam bahasa Indonesia, Mapasilaga Tedong memiliki arti Adu Kerbau. Berbeda dengan adat di Bali, Kerbau yang diadu merupakan Kerbau Bule atau Kerbau Lumpur. Kedua kerbau ini akan beradu kekuatan menggunakan tanduk guna menjatuhkan lawan. Tradisi Mapasilaga Tedong ini dilakukan dalam rangka pemakaman leluhur masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Tradisi Unik di Kalimantan Tengah – Ritual Tiwah

Bagi masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya suku dayak tradisi ritual Tiwah menjadi sangat penting untuk dilakukan. Tradisi ini merupakan ritual yang bertujuan untuk mengantarkan roh leluhur ke alam baka dengan cara menyucikan lalu memindahkan sisa jasad mereka dari liang kubur ke sebuah tempat yang dikenal dengan sebutan sandung.

 

1,277 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Comments

comments